Hot Sport: Marquez Diyakini Bisa Susul Pencapaian Rossi

Marc Marquez (Foto: AFP)

Marc Marquez (Foto: AFP)

CALIFORNIA – Mantan pembalap MotoGP, Randy Mamola, menyatakan Marc Marquez memiliki potensi untuk menjadi seperti Valentino Rossi yang sangat dominan di balap motor kelas primer. The Baby Alien adalah pembalap yang sangat berbakat dan masih berusia muda.

Marquez memastikan diri menjadi juara MotoGP 2016 setelah finis pertama di race GP Jepang, Minggu 16 Oktober 2016 siang WIB. Berarti, ini adalah kali kelima The Baby Alien menjadi juara balap motor tingkat dunia setelah 2010 (125cc), 2012 (Moto2), 2013 dan 2014 (MotoGP).

Gelar juara dunia Marquez musim ini adalah yang ketiga di kelas MotoGP. Dengan usia yang masih muda, ia diyakini bisa mengikuti jejak Doohan, yang selama kariernya mempersembahkan lima gelar juara dunia untuk Honda di kelas utama.

“Jika Honda tetap bagus musim depan, dan jika Marc terus membalap ‘dewasa’ seperti musim ini, kami bisa menyaksikan dimulainya era baru seperti Valentino mendominasi MotoGP pada 2000 hingga 2005,” tulis Mamola dalam kolom spesialnya di Motorsport, Rabu (19/10/2016).

“Meskipun benar juga bahwa kompetisi dulu tidaklah sama dengan sekarang. Saya rasa Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa tidak bahagia menjadi ‘pembalap kedua’,” jelasnya.

(zan)