Rossi Akui Sulit Kalahkan Semua Rider Spanyol di Aragon

Valentino Rossi (kedua dari kiri) (Foto: MotoGP.com)

Valentino Rossi (kedua dari kiri) (Foto: MotoGP.com)

ALCAÑIZ – Bersaing dengan sembilan rider Spanyol di Grand Prix Aragón akhir pekan ini, akan jadi tantangan tersendiri buat legenda hidup MotoGP asal Italia Valentino Rossi. Mengingat catatan sebelumnya, Rossi pun pernah bisa berdiri di puncak podium Aragón.

Baginya, Trek di Sirkuit Motorland Aragón tak pernah cocok buat dirinya maupun karakter motornya. Alhasil selama ini, The Doctor (julukan Rossi) maksimal hanya bisa finis ketiga di musim 2013 dan 2015.

“Saya rasa akhir pekan ini akan sedikit lebih sulit karena trek (Aragón) ini bukan salah satu trek terbaik buat saya. Tahun lalu saya juga sangat kerepotan di sesi latihan. Tapi pada akhirnya di sesi balapan saya tampil cukup bagus. Saya juga menikmati pertarungan (dengan pembalap lain),” tutur Rossi.

“Saya harus memulainya dari poin itu dan berusaha tampil kompetitif karena tentunya di sini (Aragón), semua pembalap Spanyol akan susah untuk dikalahkan,” imbuhnya, sebagaimana diwartakan Crash, Jumat (23/9/2016).

Soal adaptasi motor YZR-M1 miliknya dengan karakter sirkuit, Rossi mengungkapkan bahwa faktor kunci tampil bagus di Aragón, adalah motornya harus memiliki hard braking yang baik, serta akselerasi di sektor tikungan sempit.

“Biasanya bagian ujung tikungan akan sangat sempit dan mengharuskan Anda berakselerasi dari kecepatan rendah, terutama setelah chicane kedua. Kemudian treknya akan berubah lurus. Biasanya pada situasi seperti itu, kami juga sedikit kesulitan,” sambung Rossi lagi.

(raw)