Vinales Pembalap Spesial

Maverick Vinales (Foto: AFP)

Maverick Vinales (Foto: AFP)

ALCANIZ Crew chief dari Maverick Vinales, Jose Manuel Cazeaux, mengatakan sudah tahu bahwa sang rider adalah pembalap spesial. Dia cukup kaget dengan kualitas yang ditunjukkan Top Gun –julukan Vinales– ketika pertama kali menggunakan motor MotoGP.

Vinales pertama kali menjajal motor Suzuki GSX-RR dalam tes di Valencia pada 2014. Kala itu, Cazeaux mengaku sudah kagum dengan gaya balap rider berkebangsaan Spanyol tersebut.

“Ketika seorang pembalap melepas helmnya, Anda bisa tahu seberapa margin yang dia punya yakni memaksa atau melepas helm secara alami. Vinales baru saja mengalami 250 bhp (brake horse power) di Valencia dengan 14 tikungan, dan dia sama sekali tidak gentar,” kata Cazeaux, seperti dilansir Crash, Rabu (21/9/2016).

“Cara dia mengendalikan throttle sejak pertama kali menggunakan motor MotoGP, cara dia beradaptasi dengan rem karbon sangat cepat. Kami tahu dia pembalap spesial,” lanjutnya.

Prediksi Cazeaux tidak meleset. Musim ini pembalap berusia belia berusia 21 tahun itu menjadi rising star dengan menghuni peringkat lima klasemen sementara, dan sempat menjuarai GP Inggris.

(pds)