Wajar Masyarakat Indonesia Protes ke F1 soal Bendera Rio Haryanto

Tidak ada bendera Merah Putih di profil Rio Haryanto (Foto: Humas Rio Haryanto)

Tidak ada bendera Merah Putih di profil Rio Haryanto (Foto: Humas Rio Haryanto)

JAKARTA – Insiden soal hilangnya bendera Indonesia saat grafis pengenalan profil Rio Haryanto di preshow seri perdana Formula One (F1), GP Australia, rupanya mendapat perhatian dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Imam mengatakan, wajar jika masyarakat Indonesia melakukan protes ke F1 soal hal tersebut.

Menurut Imam, protes masyarakat Indonesia merupakan wujud nasionalisme. Dengan kata lain, perhatian besar dan kebanggaan masyarakat terhadap Rio yang telah mencetak sejarah dengan tampil di ajang F1 adalah kebanggaan nasional.

"Rio Haryanto memang telah mengukir sejarah bagi Bangsa Indonesia. Wajar masyarakat terusik jika dia (Rio) ditampilkan tanpa bendera Merah Putih dalam acara yang disaksikan jutaan pemirsa di seluruh dunia," tutur Imam dalam rilis yang diterima Okezone, Rabu (23/3/2016).

Seperti yang diberitakan, sebagian netizen (internet citizen) Tanah Air ramai mempermasalahkan tidak munculnya bendera Indonesia saat siaran F1 di FOX Sports. Hal ini jelas saja memunculkan tanda tanya karena di saat bendera-bendera negara lain muncul di samping foto para pembalap, bendera Merah Putih malah tidak terpampang di samping foto Rio.

Sebelumnya, para netizen menilai ini adalah kesalahan FOX Sports, yang diketahui sebagai pemegang hak siar resmi di seluruh dunia. Namun, saat Okezone menghubungi pihak FOX Sports Indonesia, mereka menjelaskan bahwa itu adalah kesalahan F1 sebagai pihak yang membuat dan sepenuhnya memiliki grafis tersebut, sedangkan FOX Sports hanya menyiarkan saja.

(zan)