Negeri Samba Tak Selalu Sepakbola (Bagian 1)

Alex Tjong, terpikat olahraga bulutangkis (foto: Rintani Mundari/Okezone)

Alex Tjong, terpikat olahraga bulutangkis (foto: Rintani Mundari/Okezone)

GEMERLAP bulutangkis di Brasil jelas jauh berbeda dengan di Indonesia. Di Tanah Air, bulutangkis sudah sangat dikenal. Sementara di Brasil, bulutangkis kini mulai mendarah daging dan berada dalam denyut nadi setiap masyarakat.

Brasil yang merupakan sebuah negara di selatan Benua Amerika dan memiliki penduduk sekira 201 juta jiwa (sensus penduduk 2013), seolah tak pernah bosan mencetak bibit sepakbola. Sederet pemain top tercipta dan menempati pos-pos vital di sebagian besar klub Eropa.

Anda tentu mengetahui sosok Neymar da Silva Santos Junior yang saat ini menjadi salah satu tulang punggung klub raksasa La Liga, Barcelona. Kemudian ada Thiago Silva, sosok berpengaruh di lini bertahan Paris Saint-Germain. Neymar dan Silva hanyalah dua dari sekian banyak bintang Brasil yang memiliki pengaruh besar untuk klub masing-masing.

Lupakan soal sepakbola Brasil yang memiliki akar sejarah panjang dan prestasi mengagumkan. Sebab, sejumlah orang tengah bekerja keras membuat olahraga bulutangkis familiar. Perlahan, meski tak lebih memesona dari sepakbola, olahraga tepok bulu ini mulai mendapat tempat di Negeri Samba.

"Badminton di Brasil masih menjadi olahraga kecil. Kami sedang mengembangkan olahraga ini, dan sekarang kami memiliki lebih banyak pemain. Dengan kondisi dan fasilitas yang lebih baik tentunya," ungkap pebulutangkis tunggal putra Brasil, Alex Tjong, kepada Okezone, belum lama ini.

"Beberapa tahun lalu banyak masyarakat Brasil tidak mengetahui apa itu badminton. Mereka bahkan bertanya: 'Badminton itu olahraga apa?' Tetapi, sekarang segalanya berubah. Masyarakat mulai mengetahui dan mengenal nama para pemain, meski di Brasil badminton belum sepopuler sepakbola," tambahnya.

Wajar apabila terselip rasa iri ketika menyaksikan para pebulutangkis Merah-Putih berlaga di Istora Senayan. Terutama bila menyaksikan dukungan yang diberikan suporter lewat teriakan atau lagu-lagu yang dinyanyikan tanpa henti untuk sang idola yang sedang berjuang mengharumkan nama bangsa. Hal inilah yang tak dialaminya di Brasil.

"Suporter di sini benar-benar luar biasa. Apalagi ketika mendukung atletnya bermain, mereka tidak berhenti menyanyi. Apabila Anda pebulutangkis Indonesia, maka sangat beruntung karena mendapat dukungan yang hebat," tambahnya.

(fir)