Lorenzo: Musim yang Menguras Tenaga

Jorge Lorenzo. (Foto: Rintani Mundari)

Jorge Lorenzo. (Foto: Rintani Mundari)

JAKARTA – Rider Yamaha, Jorge Lorenzo kembali menyambangi Indonesia untuk yang sekian kalinya. Meski gelar juara jatuh ke tangan Marc Marquez, namun tak membuat hasratnya datang ke Indonesia luntur.

Okezone mendapat kesempatan untuk wawancara eksklusif dengan rider asal Spanyol itu. Kesan pertama, Lorenzo yang tampil garang ketika menunggangi Yamaha YZR-M1, ternyata merupakan sosok yang ramah dan lebih sering menebar senyuman.

Tak hanya membicarakan soal MotoGP, Lorenzo juga mengulas pesona Bali, membahas soal persaingan Ballon d’Or tahun ini. Dan yang menarik adalah, pembalap kelahiran Barcelona, 26 tahun lalu itu juga membeberkan kriteria perempuan idamannya. Berikut petikan wawancara eksklusif bersama Lorenzo yang berlangsung di Hotel Mulia, Sabtu (30/11/2013):

Hi Jorge, bagaimana perasaanmu dapat kembali ke Indonesia? Mengingat ini adalah kali kedelapan Anda datang ke sini

Saya sangat senang dapat kembali lagi ke Indonesia. Anda tahu, bagi saya Indonesia seperti rumah kedua, karena saya sering sekali mengunjungi Indonesia, meski Indonesia (berjarak) sangat jauh dari negara saya. Dan di sini saya juga cukup populer.

Saya menyukai Indonesia, khususnya orang-orangnya. Masyarakat di sini sangat menyenangkan, ramah, dan wajah mereka selalu menyunggingkan senyuman. Masyarakat di sini sangat baik.

Setiap kali Anda mengunjungi Indonesia, Anda pasti menyempatkan diri ke Bali. Apa yang membuat Anda begitu senang ke Bali, padahal Spanyol memiliki Ibiza?

Bali adalah salah satu surga dunia. Di sana Anda dapat hidup dengan santai, Bali sangat cerah dan hangat. Begitu banyak pantai indah, hotel dan resort. Bukan hanya itu, orang-orangnya juga sangat menyenangkan, mungkin ini karena budayanya.

Dengan orang-orang seperti ini di samping Anda, maka Anda dapat menikmati kehidupan. Anda juga dapat bermain golf atau mungkin surfing di pantai.

Baiklah Jorge, beralih ke soal MotoGP. Dari seluruh race musim lalu, apa momen terbaik untuk Anda?

Well, kami memenangi delapan balapan. Semua kemenangan yang kami raih juga didapat dengan hebat. Namun, yang paling berkesan adalah di Motegi. Karena bagi saya, balapan di sana terasa sangat emosional.

Bagaimana perkembangan operasi Anda?

Ya, saya harus menjalani dua operasi dalam waktu yang berdekatan (memasukkan pelat titanium dan delapan sekrup (baut) untuk menahan fragmen tulang selangka). Musim lalu berjalan sulit dan sangat menguras tenaga.

Dan sekarang saya merasa kembali fit. Saya sangat beruntung (dapat kembali balapan).

Dan kini Anda siap menghadapi musim baru?

Eee.. Untuk saat ini saya masih menikmati liburan, setelah melalui kejuaraan yang membuat saya cukup stres, sebab kami berjuang untuk meraih kemenangan. Saat ini saya sedang berada di Indonesia selama empat hari, dan saat saya kembali (ke negara saya) saya masih memiliki waktu untuk mempersiapkan musim depan.

Soal Lorenzo’s Land, kamu mendapatkan ide selebrasi itu dari mana?

Lorenzo’s land, sebenarnya itu hanya iseng-iseng. Saat saya sukses meraih kemenangan di sirkuit tersebut, saya menancapkan bendera. Itu ide visual. Ya, itu murni ide saya sendiri.

Itu merupakan bendera personal yang saya persembahkan untuk para fans. Apabila saya menggunakan bendera negara saya (Spanyol) itu hanya pada event tertentu.

Ini mengenai persaingan Ballon d’Or yang kian memanas, ada dua nama terdepan. Menurut Anda siapa yang lebih pantas meraihnya, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo?

Eee.. karena saya penggemar Messi, tentu saja saya berharap dia yang akan memenangkannya. Namun, saya juga menyukai Ronaldo, dia memiliki mental yang kuat dan pemain yang sangat ambisius.

Tapi saya pikir, Messi berpeluang besar memenangi gelar tersebut, seperti biasa. Saya percaya itu.

Bicara mengenai Piala Dunia di Brasil 2014 mendatang. bagaimana menurut Anda kans La Furia Roja?

Itu tidak mudah (bagi Spanyol) memenang Piala Dunia, karena ada banyak tim-tim hebat lain, seperti: tuan rumah Brasil, Italia, Jerman, Inggris, juga Portugal. Banyak tim yang sangat kuat.

Apabila mereka dapat menghindari kekalahan, maka (Spanyol) bukan tak mungkin akan kembali meraih kemenangan. Namun, Anda juga membutuhkan faktor keberuntungan.

Baiklah, untuk pertanyaan terakhir Jorge. Sebelumnya Anda mengatakan bahwa status Anda saat ini single, bisa jelaskan kriteria wanita pujaan Anda?

Eee (diam sejenak) saya menyukai wanita yang cerdas, pintar, juga smart. Dan yang terpenting dia sosok yang bersahabat.

(fit)