Pelakon Brutal Fight 62' Tutup Usia

Kamis, 25 Juli 2013 06:16 wib | Randy Wirayudha - Okezone

Pelakon Brutal Fight 62' Tutup Usia Emile Alphonse Griffith (kanan) dalam pertarungan brutal kontra Benny Paret (Foto: ist) NEW YORK – Dunia tinju kehilangan salah satu legenda terbaiknya. Mantan juara dunia kelas welter, Emile Griffith wafat pada Rabu petang (Kamis, WIB.red), dalam usianya yang ke-75 tahun.
 
Mantan petinju yang juga pernah mengakui dirinya seorang biseksual itu meninggal di sebuah panti perawatan Kota New York dan kabar duka ini, langsung dikonfirmasi Direktur Eksekutif Hall of Fame, Edward Brophy.
 
“Emile Griffith merupakan seorang atlet berbakat dan seorang petinju sejati yang hebat. Dia juga seorang gentleman ketika masih bertinju. Pihak Hall of Fame ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas kepergiannya,” ungkap Brophy, seperti disitat GulfToday, Kamis (25/7/2013).
 
Griffith yang lahir di Saint Thomas 3 Februari 1938 itu, merupakan petinju pertama asal Virgin Islands yang pernah melingkarkan gelar dunia di pinggangnya. Gelar pertamanya direbut dari Benny Paret , tahun 1961 silam.
 
Nama Paret takkan pernah lekang dari catatan kariernya lantaran pertemuan dengan petinju Kuba itu setahun berselang, lahir momen paling brutal dalam sejarah tinju dunia. Tepatnya pada 24 Maret 1962, Griffith dan Paret bersua untuk ketiga kalinya memperebutkan gelar yang sama.
 
Dalam duel yang dihelat di Madison Square Garden itu, pertarungan brutal mulai terlihat sejak ronde keenam. Saat itu, Griffith tengah tertekan dari berbagai kombinasi pukulan Paret. Tapi Griffith beruntung karena diselamatkan bunyi bel.
 
Ketika masih break di sudut ring, sang pelatih, Gil Clancy mengatakan beberapa hal untuk membangkitkan semangat Griffith. Hingga ronde ke-12, Griffith unggul sampai ke penghujung ronde. Tiba lah di ronde ke-15 di mana Paret sedianya sudah tak sadarkan diri, tapi masih belum tersungkur karena tangannya tersangkut di tali ring.
 
Namun Griffith terus-menerus melancarkan pukulan membabi-buta hingga akhirnya wasit baru sadar bahwa Paret sudah pingsan. Paret pun akhirnya tutup usia lebih dulu 1972 silam. Griffith sendiri baru pensiun di tahun 1977, usai kalah dari petinju Inggris, Alan Minter. Griffith tutup karier dengan total catatan 85 kemenangan (23 KO), 24 kali kalah, dua kali imbang dan sekali mendapat hasil no contest.
(raw)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »