Rossi Yakin Lorenzo Kembali di Sachsenring

Jum'at, 28 Juni 2013 19:04 wib | Achmad Firdaus - Okezone

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di GP Qatar (Foto: asphaltandrubber.com) Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di GP Qatar (Foto: asphaltandrubber.com) ASSEN - Operasi Jorge Lorenzo berlangsung sukses. Meski demikian, pembalap Yamaha Factory tersebut dipastikan harus absen pada gelaran MotoGP Belanda, Sabtu (29/6/2013) besok.

Lorenzo baru saja menjalani operasi untuk memperbaiki retak collarbone yang dialaminya akibat terjatuh pada sesi latihan kedua, Kamis (27/6) kemarin. Dalam operasi yang berlangsung di Barcelona, tim dokter membutuhkan waktu dua jam untuk memasang plat titanium dan delapan sekrup (pin) untuk menahan fragmen tulang selangka yang patah.

Lebih jauh, tim dokter belum bisa memastikan durasi waktu yang dibutuhkan Lorenzo untuk bisa kembali tampil di lintasan balap. Mereka masih akan melakukan tes lanjutan untuk mengetahui kondisi terkini juara dunia musim lalu itu.

Valentino Rossi, rekan setim Lorenzo menyayangkan insiden tersebut, karena pembalap Spanyol tersebut tengah menunjukkan performa ciamik dengan memenangi dua seri sebelumnya. The Doctor berharap Lorenzo segera pulih, dan bisa kembali turun pada seri berikutnya di MotoGP Jerman, 14 Juli 2013.

“Dia membalap dengan baik dan saat ini tengah dalam performa terbaik. Dia mengalami patah collarbone dan cedera ini biasanya tidak terlalu serius, dan saya rasa dia bisa kembali tampil di Sachsenring dan hanya melewatkan satu seri,” ujar The Doctor dikutip Crash.

Dua pekan usai seri Belanda, MotoGP akan kembali digelar di Jerman, lalu sepekan kemudian di Laguna Seca, Amerika Serikat. Melihat karakteristik dua sirkuit tersebut yang didominasi tikungan kiri, Lorenzo diprediksi akan kesulitan –jika turun bertanding-.

“Ya, itu (Sachsenring & Laguna Seca) akan sulit buat Lorenzo, tapi saya tidak berpikir trek dengan banyak tikungan kiri akan memberikan banyak perbedaan,” imbuhnya.

“Dalam sejumlah kasus, balapan di Jerman dan Laguna Seca akan berat buat Jorge karena jedanya hanya sepekan. Dia akan menderita dan tak bisa tampil 100 persen. Tapi, biasanya cedera collarbone hanya membutuhkan waktu 10 hari lalu Anda akan baik-baik saja. Jadi, saya harap dia bisa tampil di Jerman dengan kondisi yang prima,” tandas VR46.

Kubu Yamaha Factory memang berharap Lorenzo tidak absen lebih lama. Pasalnya, dia menjadi andalan untuk membawa tim berjuluk Garputala itu sukses. Saat ini, Lorenzo berada di posisi dua klasemen sementara pembalap dengan koleksi 116 poin, atau terpaut tujuh poin dari pembalap Honda, Dani Pedrosa di puncak klasemen. (acf)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »