>

China Juara Piala Sudirman ke-9 Kalinya

Minggu, 26 Mei 2013 - 15:40 wib | Muhammad Indra Nugraha - Okezone

Chen Long wakil China di Tunggal Putra. (Foto: Reuters)

China Juara Piala Sudirman ke-9 Kalinya
KUALA LUMPUR  - China berhasil menumbangkan Korea Selatan di babak final Piala Sudirman 2013 lewat skor 3-0, Minggu (26/5/2013). Kemenangan ini membuat China meraih gelar juara di ajang ini untuk kesembilan kalinya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Putra Stadium, China berhasil meraih poin pertamanya di kelas ganda campuran lewat pasang Xu Chen/Ma Jin. Hanya butuh dua set bagi Xu/Ma untuk menumbangkan pasangan Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na.

Xu/Ma memastikan kemenangannya lewat skor 21-13 21-15 dengan waktu 37 menit saja. China melanjutkan kemenangannya di kelas tungga putra dengan menurunkan Chen Long yang sukses menyingkirkan Tommy Sugiarto di babak perempatfinal.

Pada babak final kali ini, Chen Long berhadapan dengan Lee Dong-keun. Hanya butuh waktu 47 menit bagi Chen Long untuk merubuhkan Dong-keun lewat dua set saja dengan skor akhir 21-15 21-10.

Kepastian kemenangan China didapatkan lewat ganda putra Liu Xiaolong/Qiu Zihan yang melawan pasangan Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae. Dalam waktu 45 menit Liu/Qiu berhasil memenangkan pertandingan lewat skor 21-19 21-17.

Dua pertandingan sisa pun menjadi tak berarti bagi Korea Selatan. Dengan skor 3-0 ini, China berhasil menjadi jawara bertahan dan mendominasi turnamen ini dengan gelar kesembilan atau atau kelima secara beruntun di Piala Sudirman.

Indonesia yang baru pertama kalinya tersingkir di perempatfinal, baru mengumpul satu gelar juara pada 1989 dan enam kali menjadi runner-up. Korea Selatan sendiri berada di posisi kedua dalam turnamen dua tahun sekali ini dengan perolehan tiga gelar.

Hasil pertandingan final, China vs Korea Selatan:

Ganda Campuran:
Xu Chen/Ma Jin vs Ko Sung-hyun/Kim Ha-na 21-13 21-15
Tunggal Putra:
Chen Long vs Lee Dong-keun 21-15 21-10
Ganda Putra:
Liu Xiaolong/Qiu Zihan vs Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae 21-19 21-17
(min)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jules Bianchi Sudah Koma Empat Minggu