900 Atlet Ramaikan Kejuaraan Atletik Piala Panglima TNI

Rabu, 23 Januari 2013 21:13 wib | -

900 Atlet Ramaikan Kejuaraan Atletik Piala Panglima TNI Kejuaraan atletik dan cross country Piala Panglima TNI 2013 (Foto: Puspen TNI) BANDUNG – Kejuaraan atletik dan cross country Piala Panglima TNI tahun 2013 yang diikuti kurang lebih 900 atlet, secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Daryatmo, S.IP., di lapangan Krida Wiradhika Secapaad, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/1).
 
Kejuaraan piala Panglima TNI terbuka tahun 2013 dilaksanakan sebagai sarana evaluasi prestasi cabang olahraga atletik, guna persiapan SEA Games Tahun 2013 di Myanmar dan menghadapi Multi Event World Military ke-6 tahun 2015 di Korea Selatan. Kejuaraan ini dilaksanakan dari tanggal 23-25 Januari 2013 diikuti oleh kontingen TNI, Polri, 13 Kotama, Pengprov, Klub/PPLM dan Pengcab di stadion atletik Padjajaran Bandung dan lapangan Secapaad Bandung.
 
Adapun tujuannya adalah untuk membangun kualitas personel TNI yang memiliki kemampuan fisik dan mental yang baik melalui nilai-nilai yang terkandung didalam kegiatan olahraga, antara lain nilai sportifitas, kejuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan percaya pada kekuatan sendiri; meningkatkan prestasi olahraga nasional menuju prestasi internasional; dan mendukung program Indonesia Emas pada event-event keolahragaan internasional.
 
Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, kejuaraan ini sebagai bagian dari pembinaan olahraga atletik nasional, yang didedikasikan pada dua tujuan utama, yaitu integrasi dan prestasi. Kedua kata tersebut merupakan kata kunci yang harus dipegang teguh oleh para atlet dan para pembina dalam rangka membangun prestasi atletik dan cross country nasional untuk dapat tampil di event atletik internasional.
 
Lebih lanjut Panglima TNI berharap, agar para atlet dapat mengikuti kejuaraan ini dengan sungguh-sungguh dan menjunjung tinggi sikap “Ksatria” sebagai olahragawan sejati, yang memegang teguh jiwa dan semangat juang, motivasi dan sportivitas dalam olahraga. Disamping itu, agar para atlet menjadikan kejuaraan ini sebagai wahana untuk uji kemampuan, ketangkasan dan keterampilan, serta menempa diri dan membangun integrasi di kalangan atlet muda atletik dan cross country, sebagai bekal yang amat berharga dalam menghadapi persaingan dan meraih prestasi, serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa di masa yang akan datang.
 
Kejuaraan ini sendiri mempertandingkan nomor-nomor unggulan dalam atletik, antara lain 100 m putra dan putri, 5000 m putra dan putri, estafet 4x100 m putra dan putri, lompat jauh putra dan putri, lempar lembing putra dan putri serta tolak peluru putra dan putri.
 
Di akhir upacara, Kasum TNI, Ketua KONI Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman dan Pati di lingkungan Mabes TNI dan Angkatan serta para pejabat Muspida Jawa Barat melaksanakan penanaman pohon bersama dan pelepasan burung merpati.
 
(//win)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »