Jelang PON, Tim Voli Jabar Siapkan Latih Tanding

BANDUNG - Sebagai pematangan menjelang PON XVIII, September mendatang, tim Pelatda bola voli Jabar akan memperbanyak latih tanding sebagai proses pematangan persiapan para atlet yang akan berlaga di perhelatan akbar multi event tersebut.

 

“Saat ini waktu menuju PON semakin dekat, terus kami lakukan demi mencapai hasil yang maksimal, termasuk kami akan memperbanyak latih tanding baik itu berupa kejuaraan maupun laga persahabatan,” kata Sekretaris Umum Pengprov PBVSI Jabar, Dadang Kusnadi, kemarin.

 

Saat ini tim bola voli Jabar baik indoor maupun voli pasir sedang melakukan sentralisasi. Untuk tim voli indoor bertempat di GOR Tektona Persada, sedangkan untuk voli pasir bertempat di Lodaya. Persiapan baik fisik maupun mental dalam tahap pematangan.

 

Rencana tim voli jabar akan mengikuti beberapa kejuaraan sebagai ajang try out dan uji tanding. Tim voli indoor rencananya akan mengikuti kejuaraan PON mini di Kendal, Jawa Tengah pada pekan depan.

 

“Mudah-mudahan dengan try out ini bisa melihat hasil jerih payah pembina, pengurus,pelatih dan pihak pihak terkait lainnya ketika menghadapi lawan lawan sebagai uji coba,” ujar Dadang.

 

Sedangkan Tim putri voli pasir Pelatda Jabar mampu menempati posisi 3, dalam Kejuaraan Bola Voli Pasir PON Mini 2012 yang dilaksanakan di Jakarta pekan lalu. Sementara untuk tim putranya, tim Jabar hanya mampu bertahan sampai babak 8 besar.

 

Pengda PBVSI juga akan mengevaluasi hasil sentralisasi dari bulan Juni lalu sampai Juli ini. Sehingga nantinya akan diketahui kekurangan-kekurangan yang akan diperbaiki kedepannya, dan diharapkan menjadi tim Jabar yang solid.

 

Selama bulan Ramadhan, tim voli Jabar akan tetap fokus pada program latihan untuk mempertahankan Stamina dan daya tahan. Para atlet akan mendapatkan perhatian asupan gizi yang telah disupport KONI Jabar, dan menjalani latihan dengan porsi sedang.

 

“ Selama puasa para atlet tetap foku menjalani program dengan porsi sedang. Dalam aritan porsinya tidak terlalu berat namun stamina, daya tahan dan yang berkaitan dengan kebugaran para atlet tidak menurun,namun untuk angkat beban mungkin kami kurangi,” katanya.

 

Untuk latih tanding, pihaknya sudah membuat program tim voli jabar untuk berlatih tanding dengan tim dan klub-klub yang ada di bandung, karena Dadang juga mengakui tim-tim asal bandung juga memiliki kemampuan yang bagus.

 

“Karena sebelum berlaga di PON para atlet sangat membutuhkan dan memperbanyak latih tanding sebagai pematangan persiapan menjelang bertanding. Untuk mensiasatinya kami hanya akan brlatih tading dengan klub-klub yang ada di bandung, yang kemampuannya juga tidak kalah bagus dengan yang lain,” tegas Dadang.

 

Saat ini juga Dadang akan meminta kepada KONI Jabar untuk berangkat ke Riau lebih awal, dengan tujuan untuk beradaptasi dan penyesuain cuaca bagi para atlet. “Namun nanti kami melihat kesepakatan dengan KONI Jabar bagaimana keputusan akhirnya,”singktnya kemarin.

 

Dadang optimistis target satu emas di PON nanti akan tercapai melalui tim Indoor putri,pasalnya tim voli ini diperkuat enam orang atlet Pelatnas SEA Games. “Kami optimistis meraih target lewat indoor putri, namun bukan berarti tim putra tidak memiliki kesematan, kami akan terus berusaha semaksimal mungkin,’ungkapnya.

 

Dadang mengaku, tim voli Jabar kaya strategi dan pareasi yang lebih banyak dibanding tim dari daerah lainnya. Namun masih ada faktor non teknis yang harus lebih dipersiapkan, baik mental maupun fisik.

 

Untuk itu, saat ini tim voli Jabar didampingi psikolog dari KONI Jabar sebagai salah satu solusi bagi para atlet yang memiliki masalah atau keluhan baik masalah pribadi ataupun yang bersangkutan dengan latihan.

 

“Dalam menjalani latihan para atlet tidak luput dari maslah dan keluhan dari diri mereka, yang dikhawatirkan dapat mengganggu proses latihan dan bertanding mereka. Sehingga KONI Jabar menyiapkan tim psikologi sebagai cara untuk solusi yang baik buat para atlet terutama atlet putri yang memiliki perasaan sensitive,” pungkasnya.

(fit)