Final Thomas Setali Tiga Uang dengan Uber

Cai Yun/Fu Haifeng (Foto: Getty Images)

Cai Yun/Fu Haifeng (Foto: Getty Images)

WUHAN – Seperti halnya finalis Uber Cup, dua tim yang lolos ke final Piala Thomas juga menampilkan duel dua tim Asia Timur, Korea Selatan (Korsel) dan tuan rumah China. Tim Korsel menapak final dengan mengalahkan Denmark 3-1. Sementara China mengandaskan Jepang, 3-0.

 

Korsel yang lebih dulu memainkan partai semi final lama tadi, sempat kepayahan di pertandingan pertama di nomor tunggal putra. Wakil Korsel, Lee Hyun Il meski menang, tapi sempat dipaksa bermain tiga set oleh Peter Hoeg Gade. Lee menang 17-21 21-14 dan 21-10.

 

Sementara Denmark sempat menyamakan skor menjadi 1-1 melalui kemenangan dari ganda putra Carsten Mogensen/Mathias Boe. Mogensen/Boe tanpa kesulitan membungkam Yoo Yeon Seong/Ko Sung Hyun dengan dua set, 21-10 dan 21-12.

 

Tapi skor kembali berubah 2-1 untuk keuntungan tim negeri ginseng tersebut, via kemenangan dari sektor tunggal putra lainnya, Shon Wan Ho. Shon yang menempati peringkat 14 dunia, mengemas poin kedua Korsel dari Jan Jorgensen dengan rubber set, 21-13 14-21 dan 21-16.

 

Akhirnya, Korsel menentukan tiket ke final, setelah ganda putra keduanya mengubah skor menjadi 3-1 lewat pertarungan rubber set. Lee Yong Dae/Kim Sa Rang menang 11-21 21-19 dan 21-15 atas Jonas Rasmussen/Joachimk Fischer-Nielsen.

 

Sementara, duel dua tim Asia Timur lainnya juga terjadi antara China dan Jepang. Berlainan hasil dengan perang Sino I dan II yang terhadi dahulu kala di antara keduanya, di altar Thomas Cup ini, China-lah yang unggul segala-galanya dari tim matahari terbut itu.

 

Sho Sasaki menjadi korban pertama dari apiknya performa para pebulutangkis China. Adalah Lin Dan yang menyumbang poin perdana dengan memenangkan laga pertama, 23-21 dan 21-17. Next, ganda unggulan Cai Yun/Fu Haifeng sukses mendikte Shoji Sato/Naoki Kawamae dengan kemenangan 25-23 dan 21-16.

 

Wakil muda China, Chen Long pun menutup semi final kedua ini – juga – dengan dua set langsung. Kenichi Tago tak berdaya di hadapan Chen usai mengemas tiket ke final dengan kemenangan 21-13 dan 21-16.

(raw)