Jelang MotoGP Belanda 2011

Di Assen, Rossi Gunakan Sasis 2012

Selasa, 21 Juni 2011 11:05 wib | Hendra Mujiraharja - Okezone

Direktur Teknis Ducati Filippo Preziosi. Foto: Reuters Direktur Teknis Ducati Filippo Preziosi. Foto: Reuters ASSEN - Ducati tak mau terus terpuruk di MotoGP 2011. Pabrikan motor asal Italia itu memutuskan untuk menggunakan sasis dan gearbox baru, yang sebenarnya digunakan untuk MotoGP 2012.
 
Hingga balapan di MotoGP Belanda ini, Valentino Rossi dan Nicky Hayden memang belum pernah merasakan manisnya naik podium juara. Prestasi terbaik Rossi adalah finis di urutan ketiga. Segala cara dilakukan Ducati untuk meningkatkan prestasi Rossi.
 
Kabar terakhir menyebutkan, manajemen telah memutuskan untuk menggunakan sasis motor 2012. Motor baru ini campuran antara GP11 dan GP12. Motor baru yang diberi nama GP11.1 itu, terinspirasi dari sistem yang digunakan oleh Repsol Honda.
 
"Buat GP11.1, departemen Corse Ducati memang sudah menyiapkan motor berkekuatan mesin 800cc itu. Motor itu akan menggunakan gearbox baru, desain itu mulai diproses pada 2010," demikian pernyataan Ducati dilansir Crash.net, Selasa (21/6/2011).
 
Direktur teknis Filippo Preziosi mengatakan, keputusan untuk membawa GP11,1 di Assen itu untuk meningkatkan hasil yang ada saat ini. Namun, Preziosi mengakui fakta Valentino Rossi belum menjajal kemampuan motor GP11.1.
 
"Kami memutuskan untuk memakai GP11.1 yang menggunakan mesin 800cc dengan sasis untuk GP12. Hal ini dilakukan untuk perkembangan motor tahun depan dan juga menyediakan pembalap kami dengan hasil lebih baik dari kompetisi sekarang," jelas Preziosi.
 
"Mengingat Rossi belum pernah menjajal GP11.1, kami memang membutuhkan waktu beberapa balapan untuk mengambil keputusan ini. Tapi, kami memutuskan untuk menggunakannya karena percaya sangat penting demi proses perkembangan pada motor," tandasnya.
(hmr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »